Friday 5 April 2013

Media Pengajaran Geografi



Menurut Sumaatmadja (2001) pengajaran Geografi hakikatnya adalah pengajaran tentang gejala-gejala Geografi yang tersebar dipermukaan bumi. Untuk memberikan citra tentang penyebaran dan lokasi gejala-gejalatadi kepada anak didik, tidak dapat hanya diceramahkan, ditanya jawabkan didiskusikan melainkan harus ditunjukkan melainkan harus ditunjukkan dan diperagakan.
Mengingat daya jangkau dan pandangan terbatas, penunjukkan serta peragaan itu dilakukan dilakukan dengan pengajaran Geografi. Adapun media pengajaran Geografi tersebut antara lain:
1)      Peta, peta merupakan konsep dan hakekat dasar pada geografi dan pengajaran geografi. Oleh karena itu, mengajarkan dan mempelajari geografi tanpa peta, tidak akan membentuk citra dan konsep yang baik pada diri anak didik yang dapat meningkatkan kognitif, afektif dan psikomotorik mereka haruslah memanfaatkan peta. Prosesnya mulai pengenalan, pembacaan, pemilihan dan pembuatan, melalui proses ini mereka dibimbing untuk mengerti, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi penyebaran lokasi gejala dan relasi keruangannya satu sama lain.
2)      Atlas, atlas adalah kumpulan bermacam-macam peta yang membentuk symbol-simbol, tulisan dan bahasa dengan penafsiran yang sama, pada atlas ini disajikan berbagai peta berdasarkan kenegaraan, gejala alam, penyebaran, sumber daya, penyebaran aspek kebudayaan dan lain sebagainya. Penggunaan dan pemanfaatan atlas pada pengajaran Geografi oleh anak didik perlu mendapatkan bimbingan.
3)      Globe, globe merupakan bentuk dan model yang sangat mini dari bola bumi. Globe ini selain fungsinya sama dengan peta dan atlas lebih jauh lagi dapat membina dan mengembangkan citra tentang konsep tentang waktu, iklim, musim dan gejala alam lainnya baik yang berkenaan dengan atmosfer, hidrosfer maupun litosfer dengan demikian penggunaandan pemanfaatan sebagai media pengajaran Geografi dapat lebih meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor anak didik tentang relasi keruangan gejala – gejala Geografi dipermukaan bumi
4)      Gambar dan Potret, yang berkenaan dengan gejala – gejala geografi selain diandalkan dindalkan oleh sekolah dan guru, dapat pula pengadaannya ditugaskan kepada anak-anak. Dengan demikian adapun fungsi gambar dan potret dalam pengajaran Geografi yaitu agar peningkatan citra dankonsep kepada anak didik dapat terpenuhi.
5)      Slide, film dan VTR merupakan media pengajaran modern yang dapatmembantu membina citra dan konsep Geografi lebih meningkat pada diri anak didik. Sampai saat ini terutama bagi sekolah-sekolah daerah-daerah terpencil media ini masih merupakan barang mewah.
6)      Diagram dan grafik yang dapat dideskripsikan data kualitatif gejala-gejala geografi, dapat membantu meningkatkan citra dan konsep geografi yang bersifat metematis –kuantitatif kepada anak didik.
7)      Media cetak yang berupa surat kabar, majalah dan terutama buku. Media menjadi suber informsi yang memperkaya citra dan konsep geografi kepada anak didik. Pemanfaatannya tentu saja menuntut prasyarat tentang kemampuan berbahasa. Oleh karena itu, secar bertahap prasyarat ini dipenuhi melalui tugas membaca dari guru Geografi.
Hal demikian guru geografi menyelenggarakan PBM secara komprehensif integral dengan menerapkan berbagai model dan menggunakan berbagai media yang serasi dengan pokok bahasan dan mencapai tujuan intruksional

0 komentar:

Post a Comment