Monday 15 April 2013

Fungsi makanan bergizi



Makanan yang sehat harus selalu seimbang, yaitu menu lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh. Menu makanan yang seimbang mengandung unsur­-unsur seperti sumber tenaga, pembangun, pengatur dan pelindung (Soedjiningsih 2002).
2.3.1   Sumber tenaga (Energi)
Sumber tenaga diperlukan untuk pembakaran tubuh, pembentukan jaringan baru serta penghematan protein (jika sumber tenaga kurang, protein digunakan sebagai cadangan untuk memenuhi kebutuhan energi). Zat gizi yang termasuk sumber tenaga, yaitu karbohidrat, zat lemak dan protein. Sumber karbohidrat, yaitu beras, sagu, jagung, tepung terigu, dan ubi.

2.3.2   Sumber pembangun (Protein)
Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan penggantian sel-sel yang rusak atau mati. Protein dari makanan hares dirubah menjadi asam amino sebelum diserap dalam darah. Perencanaan dibantu oleh energi dalam lambung dan pangkreas sebelum diserap oleh sel mukosa usus dan di bawa ke hati (Hepar) melalui pembuluh darah. Sumber protein dapat diperoleh dari protein hewani antara lain ikan, udang, kerang, kepiting, daging ayam, hati, telur, susu dan keju. Adapun protein nabati banyak terkandung dalam kacang-kacangan, tahu dan tempe. Sumber-sumber protein terlengkap terdapat dalam susu, telur dan keju. Ketiga makanan tersebut juga mengandung zat kapur, zat besi dan vitamin B.

2.3.3   Sumber Pengatur dan Pelindung (Mineral, air dan vitamin)
Unsur-unsur tersebut digunakan untuk melindungi tubuh dari segala penyakit dan mengatur kelancaran metabolisme didalam tubuh. Sumber zat pengatur dan pelindung bisa diperoleh dari semua jenis sayur dan buah-buahan segar. Berikut ini beberapa jenis mineral terpenting:
a.       Zat kapur dibutuhkan untuk pembentukan tulang, sumbernya antara lain yaitu susu, keju, kacang-kacangan dan sayuran yang berdaun hijau.
b.      Fosfor dibutuhkan untuk pembentukan kerangka dan gigi anak. Sumbernya antara, lain susu, keju dan daging.
c.       Zat besi dibutuhkan untuk kenaikan sirkulasi darah dan sel serta menambah sel darah merah sehingga days angkut oksigen mencukupi kebutuhan. Sumber zat besi antara lain kuning telur, hati, daging, kerang, ikan, kacang-kacangan dan sayer-sayuran berwarna hijau.
d.      Yodium untuk mencegah timbulnya kelemahan mental dan keadilan fisik yang series, sumber yodium seperti minyak ikan laut dan garam-garam beryodium.
e.       Kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi anak. Sebagai sumbernya, yaitu susu dan keju.
Penyusunan menu hendaknya memperhatikan variasi yaitu unsur bahan makanan, warna, rasa dari hidangan yang membentuk susunan menu tersebut. Perlu diketahui jenis dan kandungan gizinya serta bahan makanan yang memiliki kesetaraan dalam kelompok bahan makanan ( Lauk-pauk, sayuran dan lainnya) dengan memperhatikan kandungan zat gizi (Soetjiningsih, 2002).

0 komentar:

Post a Comment