Wednesday 30 January 2013

Fisiologis Menarche




Menarche adalah haid yang pertama kali datang. Haid adalah pendarahan yang berasal dari uterus sebagai tanda bahwa alat kandungannya menuaikan fungsinya, terjadi setiap bulan secara teratur pada seorang wanita dewasa yang sehat dan tidak hamil. Haid merupakan ciri khas seorang wanita dimana terjadi perubahan-perubahan siklus dari alat kandungannya sebagai persiapan kehamilan Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak-anak dan masa dewasa, berkisar antara 13-21 tahun. Masa ini berlangsung secara bertahap, ditandai dengan berkembangannya fungsi-fungsi organis dan psikis menuju kematangan. Proses terpenting pada masa remaja adalah pematangan seksual. Kematangan secara normal berlangsung pada usia 14-18 tahun. Remaja adalah generasi muda yang memiliki ciri-ciri, kemurnian idealisme, keberanian dan keterbukaan dalam meyerap nilai-nilai dan gagasan baru, semangat pengabdian, spotanitas dan dinamik, serta keinginan untuk segera mewujudkan gagasan baru.Munculnya pertama kali di tengah-tengah masa pubertas, yaitu masa anak-anak ke dewasa yang memengang peranan penting dalam proses tersebut adalah hubungan Hipotalamus, hipofisis, dan Ovarium.

Pada permulaan masa kanak-kanak sistim ibu sudah berjalan kemudian tidak berfungsi lagi disebabkan sistim proses itu sangat peka terhadap steroid, sehingga menghambat proses itu sendiri. Rendahnya Gonadotropin Releasing Hormone (GnRH) pada saat itu juga akibat unsur instrinsik penghambat susunan syaraf yang mempunyai mekanisme penekanan denyutan (GnRH). (Depkes RI, 2003)
Saat sebelum masa pubertas, sekresi GnRH secara pulstabil degan frekwensi rendah telah dimulai 4 tahun sebelum menarche. diikuti dengan kenaikan sekresi  LH (Luteinizing Hormone) oleh lipofisis pada malan hari. Pada masa pubertas, sekresi GnRH yang berfrekuensi rendah pelan-pelan berubah seperti wanita dewasa dengan sekresi yang berlangsung selama 24 jam, pola sekresi FSH dan LH juga menikuti perubahan-perubahan sekresi pulstabil GnRH ini.
Menurut tiori neorohormonal yang dianut sekarang. Hipotalamus mengawasi sekresi hormone gonodotropin oleh adeno hipofisis lewat sirkulasi portal yang khusus yang dapat merangsang produktifitas dan pelepasan gonatropin dari hipofisis. (Depkes RI, 2003)
Folikel-folikel yang berkembang selama sebelum menghasilkan hormone estrogen dan kemudian mati, yang lainnya telah dirangsang FSH sehingga kadar estrogen semakin tinggi. (Depkes RI, 2003)
Hormon estrogen memengan peranan penting dalam perkembangan cirri-ciri kelamin sekunder, tertumbuhan organ genetalia terjadinya perapatan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologi kewanitaan. pada masa puberta organ-organ genetalia lambat laut tumbuh mendekati bentuk dan sifat-sifat wanita dewasa. Vaskularasi uterus bertambah menyebabkan pertumbuhan lapisan endomertium, sehingga merubah uterus menjadi uterus yang matur dan lapisan endometrium mengalami diferensiasi baik kelenjar maupun semuanya. (Depkes RI, 2003)
Folikel-folikel yang tumbuh walaupun tidak sampai terjadi matang karena sebelumnya mengalami atresia namun telah sanggup memproduksi dan mensekresi estrogen, kadar estrogen makin lama makin tinggi dan saat menstruasi mendekati. (Depkes RI, 2003)
Estrogen menyebabkan umpan balik negatif terhadap FSH, dan bertambah akibat pertumbuhan folikel akan menurun dan sebagian mengalami atresia sehingga estrogen yang diproduksi folikel akan menurun pula. (Depkes RI, 2003)
Dengan menurunnya kadar estrogen berakibat pembulih darah endometrium mengalami deskuamasi sehingga terjadi perdarahan dan mengalir melalui vagina berwujud sebagai haid pertama atau menarche. dengan munculnya menstruasi pada seorang remaja dapat menggambarkan kemampuan untuk bereproduksi.

0 komentar:

Post a Comment